Senin, 27 April 2015

Harus Turun Dari Sepeda Motor Saat Isi Bahan Bakar, Memangnya Kenapa?

Mengisi bahan bakar pasti sudah menjadi rutinitas bagi yang beraktivitas ataupun mencari nafkah menggunakan kendaraan khususnya sepeda motor. Tetapi tak semua pengendara sepeda motor tahu bagaimana cara mengisi bahan bakar yang benar. 
Sumber : bisniskeuangan.kompas.com

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah mengisi bahan bakar sepeda motornya tetapi pengendaranya tetap duduk manis di jok motor, kesalahan ini sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor dengan tipe sport dikarenakan tanki bahan bakarnya tidak berada dibawah jok motor seperti halnya sepeda motor tipe bebek & matic (kecuali Honda PCX, Kawasaki ZX130 & Athlete, Kymco Free LX, Yamaha Nmax, dll).

Sumber : mujibanwar.files.wordpress.com

Loh? emang kenapa sih harus turun? 
Secara garis besar, hal ini harus dilakukan demi keselamatan orang-orang disekitar sepeda motor (khususnya si pengendara itu sendiri) yang sedang diisi tanki bahan bakarnya. :D


Keselamatan? loh emang apa sih yang bakal terjadi?
Kemungkinan terburuknya adalah motor terbakar saat pengisian bahan bakar, berdasarkan pernyataan dari Ibu Fathia Syarif, Manager – Media Relations, External Affairs & Communications PT Shell Indonesia yang dikutip dari tmcblog.com : 

“Ada beberapa alasan kenapa kita meminta pengendara motor roda dua  untuk turun pada saat pengisian BBM:


Api akan terjadi  jika ada udara, bahan bakar & panas. Kebanyakan sepeda motor mempunyai tanki BBM diatas mesin,  sehingga jika terjadi tumpahan BBM besar kemungkinan akan terjadi api. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya terjadinya tumpahan atau kebakaran, reaksi pengendara motor akan lebih cepat jika tidak berada di atas motor. Selain itu,  jika  saat mengisi BBM si pengendara motor duduk di atas motornya, maka ‘biasanya’ posisi motor tidak di standar, tapi ditopang oleh kaki si pengendara. Jika ada keadaan darurat,   maka motor bisa  terjatuh dan bisa juga jatuh  ke si pengendara sehingga efek insiden akan lebih fatal.“
Sumber : hariansemarangbanget.blogspot.com


Ah! Kemungkinannya kecil kejadian seperti itu! selama ini saya aman-aman aja tuh!
Kemungkinannya memang kecil, tetapi perlu ditekankan adalah "KECIL bukan berarti TIDAK ADA". 

Seperti Kata pepatah "Untung tak dapat diraih, Malang tak dapat ditolak", Kehidupan itu rahasia tuhan, gak ada yang bisa menebak apa yang akan menimpa kita nanti. maka dari itu setidaknya kita bersiap untuk hal yang paling buruk, jika memang si untung tidak datang paling tidak kita hanya kehilangan harta, bukan anggota tubuh ataupun nyawa. :D


Ah! gampang ko, tinggal cepat-cepat standarin motor dan lompat dari motor, lalu lari menjauh deh!
ya kan sekarang anda lagi santai,jadi bisa berpikir dengan jernih :D
coba deh pas lagi panik, api udah di deket selangkangan, orang-orang disekitar udah teriak-teriak gak jelas, petugas pom udah berlari, tinggal anda sendirian. boro-boro nyetandarin motor, paling yang anda lakukan langsung lompat dari motor, motorpun terbalik, bensin tumpah, api membesar, sukur-sukur kaki anda gak ketiban motornya. :D


Berikut adalah Video kejadian yang terekam CCTV :




Sampai saat ini SPBU di Indonesia yang serius menerapkan hal ini adalah Shell, sudah masuk SOP nya SPBU Shell. mantab deeeh . . . mudah-mudah SPBU lain menerapkannya juga, demi keamanan kita bersama . :D
Buat pengendaranya sendiri, jangan nurutin rasa malasnya nih... gak susah ko turun dari motor :D


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua :D mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang menyenangkan atau terkesan nyumpahin. itu dilakukan semata-mata untuk membuka mata & pikiran kita agar selalu mementingkan keselamatan & keamanan diatas segalanya :D

Kritik dan saran dapat disampaikan melalui kolom komentar atau :
Facebook : Abid Rifqi
Whatsapp : 08978186159
E-Mail : Kiranamikaze666@gmail.com
Twitter : @404brainnotfond


Tidak ada komentar:

Posting Komentar