Jumat, 04 Oktober 2013

Hubungan Ke-9 Elemen Materi Pada Tujuan Khusus Bahasa Indonesia

Nama : ABID RIFQI
NPM : 10111049

Kelas : 3KA38

Pada semester ini jurusan Sistem Informasi pada Universitas Gunadarma mendapatkan materi mengenai Bahasa Indonesia, pada materi ini, mahasiswa mempelajari 9 sub materi yang terdiri dari :

1.  Ragam Bahasa
2.  Ejaan
3.  Diksi
4.  Kalimat
5.  Alinea
6.  Perencanaan penulisan karangan ilmiah
7.  Kerangka Karangan
8.  Kutipan catatan Kaki
9.  Abstrak daftar pustaka

Apakah kesembilan elemen di bawah ini termasuk Tujuan Khusus Bahasa Indonesia? Yang mampu menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar, baik lisan terutama tulis sebagai sarana Gagasan Ilmiah?
Menurut saya, elemen-elemen ini termasuk tujuan khusu bahasa indonesia, karena karena semua ini sangat diperlukan dalam berbahasa indonesia yan baik dan benar, seperti penggunaan Ejaan yang diperlukan dalam sebuah komunikasi yang baik, baik dalam bahasa lisan maupun tuisan.

Terlebih dalam membuat sebuah karangan ilmiah/karya ilmiah, penggunaan k- 9 elemen tersebut sangat diperlukan untuk membuat karangan/karya ilmiah yang baik, seperti untuk menentukan kerangka karangan  yang berguna agar penulisan atau karangan/karya ilmiah tersusun secara logis, jelas, terstruktur dan teratur. Serta penambahan kutipan dan catatan kaki serta  daftar pustaka untuk  penulisan karangan/karya ilmiah ini agar pembaca bisa mengetahui sumber informasinya yang kita ambil buat penulisan/karangangan ini.
Jadi, kesimpulannya adalah keembilan elemen ini sangat beguna untuk berbahasa indonesia yang baik dan benar, baik secara tulisan maupun lisan, apalagi digunakan untuk karangan ilmiah, kesembilan elemen ini sangat diperlukan untuk membuat karangan/karya ilmiah yang baik, jelas, & terstruktur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar