Jumat, 20 Februari 2015

Jajal Motor : Yamaha SR400


Halo semuaaaaa :D
dah lama gak nongol, akhir-akhir ini ujian terus di kampus soalnya, hahaha, ok langsung aja :D

Hari rabu lalu, saya dapet kesempatan nyobain motor yang cukup unik nih buat saya (faktor jarang liat, norak dah, hahaha), yaitu Yamaha SR400. motor yang sudah keluar sejak tahun1978 ini punya temennya om Agun (mohon maaf saya gak tau namanya.. hehehe). Tampilan motor yang berkesan jadul ini sangat cocok untuk orang yang suka dengan motor-motor bergaya retro. Motor ini sudah dibekali lampu hazard loh, dan lampu utamanya sendiri sudah AHO.

Aura jadulnya sangat terasa

Motor yang dibekali dengan mesin 4 tak berkapasitas 400cc, 1 silinder, SOHC 2 klep, berpendingin udara, ini mampu menghasilkan power sebesar 27 HP @7000rpm & Torsi sebesar 6.3 Kgf-m @6500rpm, widiiiiiih... :D. Untuk pengaturan suplai udara & bahan bakarnya menggunakan karburator vakum, sedangkan untuk lansiran terbarunya sudah menggunakan Injeksi. Oh iya, untuk jumlah percepatan motor ini mempunya 5 percepatan.


Tampilan mesin dari sisi kanan

Untuk menghidupkan mesin motor ini harus diengkol/selah A.K.A di Kick Stater, loh kenapa?? karena dari pabrikannya sendiri motor ini tidak dibekali dengan elektrik stater, jadi gak bisa pencet langsung BLARRRR deh. ya ga apa-apa, biar kita bisa ngerasain juga perjuangannya orang jaman dulu buat nyalain motor, itung-itung olahraga betis, ngoahahahaha :D.


Eiittss... tunggu dulu, ini kan motor 400cc, Gile lu ndrooo! ye kali diengkol! beraaaat!

Tenang-tenang.... pihak pabrikan sudah menyadari hal itu kok, gimana?? dibagian stang kiri, tepat dibawah grip kiri, ada tuas buat dekompresi secara manual, caranya?? 


1. ketika diengkol terasa berat tarik tuasnya dengan jempol 
2. setelah itu engkol kickstater secara pelan-pelan sampai setengah putaran
3. lepas tuasnya, kemudian engkol lagi seperti biasa, dan SIM SALABIM . . . mesin menyala, horeeeeee:D

bagi yang gak mudeng dengan tulisan diatas bisa liat video demo nya disini :

http://www.yamahamotorsports.com/sport/products/modelvideo/691/1838/0/video.aspx


Tuas dekompresi manual di bagian mesin, bekerja dengan mendorong klep ex


Tuas dekompresi manual di handel sebelah kiri, itu tuh, yang lagi disentuh pakai jempol

Selanjutnya bagian yang di tunggu-tunggu, yaitu bawa motornya, hahahaha
Rute yang dipake sih pendek, cuma Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Gunawarman, Jalan Senopati, dan Jalan Suryo. di Jakarta Selatan. Kesan pertama saat naikin ini motor  langsung tertuju pada koplingnya, lumayan berat untuk ukuran saya, maklum, biasa bawa motor 150cc doang, hahaha :D. Untuk ketinggian tempat duduk sih pas lah untuk postur tubuh saya (175cm),

Setelah sedikit beradaptasi dengan instrumen-instrumen di motor tersebut (seperti saklar sen, lampu dim, dll) dan menggunakan safety gear, saya mulai menyalakan motor tersebut, sudah tentu... DIENGKOL BROOOO . .  hahaha, alhamdulillah banget ketika saya yang ngengkol enteng & 1-3 kali engkol langsung nyala, suara yang dihasilkan kenalpotnya cukup keras loh, mungkin cukup untuk mengagetkan kucing kawin :D. semakin tak sabar saya pun langsung menginjak perseneling memasuki gigi satu, kemudian blaaaaaarrrrrr... saya bawa pergi motornya.

Hentakannya langsung terasa sejak gas dibejek, setiap perpindahan gigi selalu ada hentakan torsinya, pokoknya ngisi terus dah, saya gak sampe top speed sih, cuma sampai gigi 3, untuk kecepatan hanya menyentuh angka kisaran 60KM/H, jujur saja saya gak berani, soalnya dijalan umum, safety gear seadanya, serta ini motor orang, tidak terbiasa (belum menyatu), & takut kenapa-napa bro, maklum aja, saya masih kuliah, belum ada penghasilan sendiri, kalo jatoh mau bayar pake apa? amsyong saya T.T

Berikut full Spesifikasinya yang diambil dari :

http://www.motorcyclespecs.co.za/model/yamaha/yamaha_sr400%2002.htm

Make Model
Yamaha SR 400
Year
2002-03
Engine
Air cooled, four stroke, single cylinder, SOHC, 2 valves per cylinder.
Capacity
399
Bore x Stroke87 х 67.2 mm
Compression Ratio8.5:1
Induction
Carburettor. BSR33
Ignition  /  Starting
Max Power
27 hp @ 7000 rpm
Max Torque
6.3 kgf-m @ 6500 rpm
Transmission  /  Drive
5 Speed  /  chain
Front Suspension
Telescopic fork
Rear Suspension
Dual shocks
Front Brakes
Single disc
Rear Brakes
Drum
Front Tyre
3.50-19
Rear Tyre
4.00-16
Dry Weight
131 kg
Fuel Capacity 
12 Litres










Apakah ada yang kepincut ama ini motor dan pengen memiliki? ya siapin aja  €5990, itu sih harga 1 tahun lalu, sekarang mah bisa naik, bisa turun :D



Sekian artikel saya kali ini, semoga dapat memberikan informasi & menambah pengetahuan. Seeyou!

Kritik & saran :
FB : Abid Rifqi
E-Mail : Kiranamikaze666@gmail.com
Whatsapp : 08978186159


Tidak ada komentar:

Posting Komentar